Wednesday, 4 December 2019

Benar Sejak Awal


Banyak yang bertanya kepada saya sebagai konsultan bisnis retail, lebih mudah mana mendampingi bisnis baru atau bisnis yang sudah berjalan beberapa tahun. Jawabnya tentu lebih mudah mendampingi bisnis yang baru dibuat. Mengapa demikian? Karena, bisnis yang baru dibuat bisa saya tuntun selangkah demi selangkah secara benar sejak awal. Saya selalu menekankan “benar sejak awal”. Karena jika kerusakan sudah terjadi, kebiasaan sudah terbentuk maka akan susah sekali untuk membenahinya.
Ibarat Anda membuat bangunan dengan desain yang salah maka untuk merombaknya akan jauh lebih susah. Lebih mudah jika dirobohkan semua lalu mulai dari awal lagi. Demikian juga bisnis, ketika kerusakan sudah terjadi akan sulit sekali dibenahi. Bedanya, kita tidak akan membubarkan bisnisnya untuk mulai dari nol. Karena itu penting sekali bagi para pebisnis untuk memulai secara benar sejak awal.
Nasehat untuk just do it seringkali lebih banyak ruginya dibanding keuntungannya. Seperti seringkali saya sampaikan, mengelola bisnis dengan gaya trial dan error akan menghabiskan waktu lebih lama dan panjang serta menguras energi. Karena itu nasehatnya, lengkapi diri Anda dengan ilmu yang cukup sehingga Anda tidak perlu coba-coba setiap saat. Praktekkan ilmu Anda. Minta pendampingan mentor yang tepat untuk menuntun Anda. Kesalahan mencari mentor/guru akan berdampak pemborosan waktu sekaligus biaya. Dibutuhkan ketegasan dalam menjalankan bisnis. Buang perasaan tidak enak dan sungkan. Jangan menjalani sesuatu yang Anda tidak nyaman untuk melakukannya. Mulailah Benar sejak awal.
Video berikut ini bisa menjadi tambahan penjelasan.


Sumeber foto: 123rf.com

No comments:

Post a Comment